Selasa, 07 Oktober 2014

PROPOSAL CILOK ISI




Makalah Proposal
“USAHA CILOK ISI ”


TUGAS
PKR DAN KEWIRAUSAHAAN

SMK AL-AMIN
                                   
OLEH:
Moh Syarifudin
 Moh Ahyar runas
Irma Khoeriah
Asri Rahayu  
Neni Nuraeni
SMK AL-AMIN
2014














BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
        Cilok (singkatan dari Aci dicolok) adalah sebuah makanan rakyat khas Jawa Barat yang berasal dari Indonesia yang terbuat dati tepung Kanji (aci dalam bahasa sunda) yang kenyal dengan di tambahkan bumbu pelengkap seperti Saus Kacang, Kecap,dan Saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau cincang daging di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tepung kanji maka cilok jika dimakan rasanya kenyal. Tak hanya disukai oleh anak-anak, pada zaman modern ini ternyata hapir semua orang menyukai cilok, seperti para mahasiswa dan orang tua.
        Tak hanya menjadikan sebagai makanan ringan yang enak, Cilok juga dapat menjadi sebuah peluang usaha. Rata-rata pedagang cilok adalah pedagang kaki lima yang sering berpindah-pindah dan rata-rata berjualan di daerah strategis seperti Sekolah, Kampus, dan Pabrik-pabrik. Untuk memulai usaha ini sebenarnya tidaklah rumit. Anda tinggal menyiapkan bahan baku, antara lain: tepung kanji, bumbu bawang dan teman-temannya, lalu campur dengan daging ayam atau sapi; pencampuran tentunya menggunakan air, selanjutnya direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso.
        Daging kornet atau corned beef adalah daging sapi atau daging ayam yang diawetkan dalam Air Garam dan kemudian dimasak dengan cara direbus. Biasanya digunakan potongan daging yang mengandung serat memanjang, seperti brisket. Nama "corned beef" berasal dari garam kasar yang digunakan. Corn artinya butiran, yaitu butiran garam.
        Cilok kornet CJDW merupakan cilok yang memiliki ciri khas tersendiri yang memiliki daya saing. Makanan ringan ini selain harganya murah dan rasanya enak, cilok ini juga banyak mengandung protein yang tinggi karena terdapat daging sapi dan daging ayam di dalamnya. Tidak hanya itu, faktor kesehatan pun sngat di perhatikan. Untuk itu cara pembuatan pun memiliki standart dari perusahaan yang dijadikan mitra kerja.
         Nama CJDW merupakan hasil karya cipta dan kreatifitas pemilik perusahaan mitra yang bernama bapak Huri. Arti CJDW (Ce Je De We) dalam bahasa Indonesia yaitu ” Beda Sendiri”. Inilah yang juga menjadi daya tarik pelanggan untuk mencoba dan menikmati produk ini.


B.      Tujuan
Meningkatkan gizi dan kesehatan masyarakat khususnya para mahasiswa yang menyukai makan mnakanan ringan yang kurang memperhatikan kualitas makanna yang mereka makan.
 











BAB II
SALES DAN MARKETING
2.1 Gambaran Umum Pasar Sasaran
            Usaha kami bergerak dibidang penjualan makanan ringan.Makanan ringan yang kami tawarkan yaitu berbentuk cilok kornet isi yang berbeda dengan cilokt yang sudah ada dipasaran.Berbagai macam toping dan isi didalam cilok kami menjadi menu utama. Cilok kornet isi sangat berbeda dengan cilok yang sudah ada dipasaran karena selain kami tidak menggunakan pengawet dan bahan yang kami gunakan juga berasal dari aci  ini sangatlah sehat namun tetap menjaga cita rasa yang berkualitas.Sedangkan untuk pengenalan produk dapat dilakukan secara langsung kepada masyarakat Bongkor yang bertempat sangat strategis dan banyak aktifitas yang dilakukan didaerah tersebut. Hal itu akan memudahkan para penggemar cilok untuk menikmati produk yang kami tawarkan. Dengan mengutamakan kualitas produk dan tempat strategis “Cilok kornet isi ” akan dapat bersaing dengan usaha lain yang serupa.
2.2 Jenis produk yang dipasarkan
            Produk yang kami jual saat ini adalah berupa makanan ringan. Tanpa mengenyampingkan kualitas dan lebih memperhatikan kesehatan dari makanan tersebut, berikut menu-menu yang kami tawarkan :
Menu Special Cilok kornet isi dengan toping :               
·         Cilok isi Daging
·         Cilok isi Telur
·         Cilok isi Sosis

2.3 Penawaran (competitors)
            Penawaran merupakan jumlah produk sejenis yang ditawarkan pada konsumen oleh pesaing.Penawaran tersebut menunjukan kemampuan pesaing dalam memperoduksi barang selama periode tertentu.
2.3.1 Jumlah produk sejenis dipasaran
            Pada kenyataannya begitu banyak usaha yang bergerak dibidang makanan ringan dengan objeknya yaitu cilok , dari usaha yang sederhana hingga yang sudah sangat terkenal pun ada, namun terkadang mereka tidak memperhatikan aspek kesehatan bagi konsumen dengan menggunakan bahan pengawet agar cilok yang tidak terjual hari ini dapat dijual lagi dikemudian hari, hal ini sangat beresiko bagi bagi kesehatan konsumen. Berdasarkan hasil survei terdapat pesaing yang juga menawarkan makanan ringan cilok yang mereka jajakan dengan langsung menjangkau konsumen, seperti dijajakan di halaman sekolah . Sedangkan cilok tidak terjun langsung menjangkau konsumen, namun dengan seperti ini konsumen bisa memilih apa yang mereka ingin pesan. Sehingga bisa dikatakan cilok yang dijajakan langsung ke konsumen ini menjadi pesaing utama dari cilok kornet isi produk yang kami tawarkan.
2.4 Lokasi Usaha
            Lokasi usaha yang kami pilih adalah Jl. Bongkor dekat samping sekolah MI-Nurul Falah dan dekat Smp Plus dan Smk AL- AMIN
         Berada didekat SMP PLUS SMK AL-AMIN Siswa/Siswi banyak melakukan aktifitas didaerah tersebut.
         Banyaknya pedagang cemilan yang melakukan usaha didekat daerah tersebut sehingga banyak juga calon pelanggan dari luar sekitar daerah tersebut.

2.4.1 Wilayah Pemasaran
           
       Pasar  Samarang
      Daerah Garut dan sekitarnya
       Alun-Alun Garut
2.5 Rencana dan Strategi Pemasaran
2.5.1 Strategi pemasaran pesaing
            a. Product
                   Persaingan produk makanan ringan atau cemilan-cemilan seperti cilok terbagi menjadi dua persaingan yaitu persaingan langsung dan tidak langsung.Produk pesaing langsung merupakan jenis produk makanan ringan atau cemilan seperti cilok itu sendiri. Namun, makanan ringan atau cemilan cilok ini biasanya dijual oleh pedagang yang menjajakan makanannya di setiap kampung . Tetapi, ada juga yang menjual produk makanan ringan atau cemilan kampung ini ditempat yang mereka miliki.
b. Price
                  Harga yang ditawarkan pesaing relatif lebih murah dan dapat terjangkau oleh semua orang dan semua kalangan.
c. Promosi
                  Pada dasarnya produk cemilan donut yang dijajakan didalam bus-bus kota itu tidak menggunakan promosi besar-besaran karena produk tersebut ditawarkan secara langsung kepada konsumen. Konsumen dapat mengetahui produk tersebut karena banyaknya pedagang yang sering menjajakan produknya tersebut. Promosi dari pesaing tidak langsung dilakukan dengan menggunakan media, kecuali pesaing-pesaing yang sudah memiliki nama
d. Place
                  Sesuai dengan survei yang telah dilakukan diketahui  bahwa, konsumen paling banyak membeli produk cemilan coklat dari warung-warung terdekat, gerai yang sudah ada nama, atau pedagang yang menjajakan produknya secara langsung.
e. People
      Para tenaga kerja yang bekerja dan terlibat dalam kegiatan bisnis produk makanan cemilan-cemilan cilok ini.
f. Physical Evidance
                  Penjual produk makanan cemilan seperti cilok pada umumnya tidak memiliki ciri khas tersendiri dalam melayani konsumen. Agar konsumen lebih merasa nyaman, para pelayan atau penjual produk makanan cemilan seperti cilok yang sudah memiliki gerai dan nama biasanya menggunakan seragam dan ciri khas sendiri supaya terlihat lebih sopan dan rapih.
g. Process
                  Proses pembuatan produk pesaing yang dilakukan oleh pesaing rata-rata menggunakan cara yang sama, sehingga rasa yang dihasilkan kurang dapat dibedakan dengan pesaing lain dan tidak memiliki ciri khas dalam produknya.
2.5.2 Rencana Strategi Pemasaran
                        Untuk menentukan strategi pemasaran digunakan analisis SWOT untuk mengetahui bagaimana kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi bisnis ini. Berikut adalah analisisnya :
         Strength
Kekuatan dari produk yang kita buat terletak pada bahannya yang menggunakan aci dan pecel dan juga tidak menggunakannya bahan pengawet sehingga produk kita terjamin sehat namun tidak meninggalkan kualitas dari cita rasa produk yang kita buat, karena kita sudah banyak tahu cilok-cilok sejenis yang diproduksi oleh pesaing rata-rata mereka tidak memikirkan aspek kesehatan pada produknya.
         Weaknesess
Produk kami merupakan produk baru sehingga secara langsung belum mendapatkan perhatian konsumen dan perlu dibuat strategi promosi yang efektif dan efisien.Bisnis ini tergantung dari kemampuan innovatornya sejauh mana dapat mengembangkan usaha yang terhitung baru dan memerlukan keeja keras untuk memperkenalkan produk baru pada konsumen.
         Opportunity
Produk  baru pasti mempunyai kesempatan untuk berkembang dan melakukan ekspansi pasar. Selain itu hampir jarang produsen yang menjual cilok dengan memikirkan dari aspek kesehatan, oleh karena itu peluang pasar dari produk yang kita buat cukup besar.
         Threat
Hambatan yang kami temui dalam usaha ini kurang pekanya sebagian konsumen terhadap suatu produk yang memiliki suatu hal yang penting bagi kebutuhan diri konsumen itu sendiri, terkadang sebagian konsumen tersebut lebih mementingkan harga yang murah namu bisa membahayakan kesehatan dari si konsumen tersebut atau malah lebih memilih produk yang mahal agar gengsi meningkat namub kita tidak pernah tahu apakah produk tersebut baik atau tidak.
            Berdasarkan analisis tersebut, maka strategi pemasaran yang kami rencanakan sebagai berikut :
         Product
Dalam bisnis ini kami menawarkan produk dan jasa.Produk utama yang kami tawarkan adalah “Cilok  isi  ” dengan berbagai varian dan rasa yang kami sajikan. Lalu, pelayanan atau jasa yang akan kami tawarkan adalah pelayanan yang cepat dan tepat merupakan hal utama.
         Price
Strategi harga yang akan direncanakan adalah penyamaan harga dengan harga pasar, karena produk yang kita produksi sudah lumayan banyak dipasar, hal ini ditentukan agar produk kita dapat bersaing dengan produk yang sudah berada dipasar.
         Promotion
Promosi yang akan dilakukan dengan berbagai yaitu :
         Sampel gratis
Kami akan memberikan beberapa sampel gratis dari cilok  yang kami produksi agar konsumen dapat mencoba dan tertarik kepada produk donut kentang. Sampel gratis ini kami lakukan pada hari senin dibulan pertama kita, jadi satu minggu ada 1 hari kita berikan sampel gratis
         Voucher gratis
Kami akan memberikan voucher gratis kepada setiap pelanggan kami apabila pelanggan tersebut membeli sebanyak 15 bungkus , dan 1 voucher ini bisa dapat 1 bungkus geratis
         Brosur
Kami akan menyebarkan beberapa brosur tentang produk kami, sehingga konsumen dapat memperoleh informasi tentang produk cilok kornet isi  yang akan kita tawarkan.
         Maskot produk
Maksudnya kami menyiapkan berupa maskot dari produk yang berada di depan gerai yang kita miliki sebagai maksud untuk menjadi penarik para pelanggan.
         Place dan Distribution
Distribusi dari produk kami ialah penjualan secara langsung kepada konsumen dengan menyediakan gerai dan menerima pesanan untuk dibawa pulang dengan kemasan yang menarik.
            Lokasi yang kami pilih didaerah Jl.  Bongkor depan kampus YAYASAN AL-AMINUL ABROR dengan beberapa alasan :
         Berada dekat dengan banyak usaha seperti pedagang buah sehingga paa calon pelanggan juga selalu lalulalang didepan gerai kami.
         Adanya aktifitas siswa/siswi yang memungkinkan siswa/siswi tersebut menjadi pelanggan produk kita.
         Lokasi yang dekat dengan sekolah YAYASAN AL-AMINUL ABROR
         Physical evidence
Karena pelanggan buat perusahaan adalah raja, kami akan melayanin para pelanggan dengan sangat ramah sehingga pelanggan merasa nyaman pada saat berkunjung di gerai kami.
         Process
         Proses pembuatan produk kami tidak menggunakan mesin, itu dimaksudkan untuk menjaga ke higienisan dari produk kami, dan pada proses pembuatan kebersihan sangat dijaga.
         Penyajian dari produk kami dibuat semenarik mungkin dan juga bisa berubah-ubah sesuai dengan ide atau trend yang ada pada saat itu. Untuk kemasan pada produk yang dibawa pulang juga dibuat secara lucu agar para konsumen tidak merasa bosan dengan produk kami.
         People
Kami selalu memotivasi siapa saja yang bersangkutan dengan usaha kami.Semua itu dilakukan agar mereka lebih giat dalam bekerja dan melakukan yang terbaik bagi dirinya maupun perusahaan.Motivasi yang diberikan berupa moril dan material sehingga mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan maksimal.
BAB III
HASIL PRODUK

A.      Gambaran Umum Rencana Usaha
  1. Produk
Cilok isi
  1. Cara Pembuatan
Bahan :
- 400gr tapioka
- 400gr terigu protein sedang
- 2 sdm kaldu sapi bubuk
-2 sdm kaldu ayam bubuk
- 100gr ebi/secukupnya
- 4 siung bawang putih, haluskan
- Garam secukupnya
- 500 ml air hangat/secukupnya
- 1ltr air untuk merebus
- 1000 gr daging sapi
- 1000 gr daging ayam
Bumbu kacang :
- 300gr kacang tanah, goreng dan haluskan
- 3siung bawang putih, goreng dan haluskan
- 3buah cabai merah dan cabai rawit, goreng dan haluskan
- garam dan gula jawa secukupnya
- air santan secukupnya
Cara Kerja :
- Bumbu Kacang : Campurkan semua bahan, masukkan kedalam rebusan   air/santan. Didihkan hingga matang.
- Cilok : Campur tapioka, terigu, ebi, garam dan bawang putih
- Tuang air hangat sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga kalis
- Didihkan air.
- Ambil adonan cilok, beri isi  lalu bulatkan
- Masukkan kedalam rebusan air, dan masak hingga mengapung dan matang
- Angkat dan tiriskan
- Hidangkan bersama sambal kacang
  1. Promosi
        - Banner
        - Spanduk
        - Brosur
  1. Harga
        Rp 400 ,- per butir cilok dan Rp 2000 ,- per porsi dengan isi 5 butir cilok isi
  1. Strategi Pengembangan Usaha
                Untuk mengikat perhatian pelanggan, pada setiap pembelian 1 porsi cilok isi akan mendapat 1 kupon. Dan 10 kupon yang terkumpul, dapat di tukar dengan 1 porsi cilok isi.


















BAB IV
RANCANGAN BIAYA

1 Biaya Tetap
No
Nama Barang
Satuan
Volume
Harga satuan  (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Gerobak
Buah
1
2.500.000
2.500.000
2
Terpal
Buah
2 (5x3 m)
   500.000
1.000.000
3
Meja Kecil
Buah
6 (70x 50 cm)
  150.000
   900.000
4
Karpet
Buah
2 (4x7 m)
  350.000
   700.000
5
Peralatan Dapur
Set
-
   500.000
   500.000
Jumlah
5.600.000

2. Bahan Habis Pakai
No.
Nama Barang
Satuan
Harga satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Tepung Tapioka
1Kg
20.000
  20.000
2
Tepung Terigu
1Kg
15.000
  15.000
3
Kaldu Sapi
10 Saset
5.000
    5.000
4
Kaldu Ayam
10 Saset
5.000
    5.000
5
Ebi
0,5 kg
25.000
  25.000
6
Bawang Putih
100 gr
5.000
    5.000
7
Bawang Merah
150 gr
7.000
    7.000
8
Garam
1 Saset
2.000
    2.000
9
Daging Sapi
0,5 kg
35.000
  35.000
10
Daging Ayam
1 kg
25.000
  25.000
11
Kacang tanah
1 kg
15.000
  15.000
12
Cabai Merah
100 gr
3.000
    3.000
13
Cabai Rawit
100 gr
1.000
    1.000
14
Gula
0,5 kg
8.000
    8.000
15
Kelapa
1 Buah
1.500
    1.500
Jumlah
175.500
Ø  Kebutuhan perhari untuk membuat Cilok isi Rp 175.500 x 56 hari      pelaksanaan = Rp 9.828.000,-
Ø  Rp 175.500,- menghasilkan 120 porsi dengan harga Rp  2500 ,-/porsi
= Rp           300.000
Ø  Keuntungan perhari                    = Rp 124.500
Ø  Jadi keuntungan dalam 56 hari  = Rp 124.500,- x 56
                                                                        = Rp 6.972.000,-
3.Media Promosi.
No
Nama Alat
Satuan
Volume
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1
Banner
Buah
1
  150.000
    150.000
2
Spanduk
Buah
5
  125.000
    125.000
3
Brosur
Lembar
50
      1.000
      50.000
4
Perizinan
-
-
  200.000
    200.000
Jumlah
    525.000





Tidak ada komentar:

Posting Komentar